Monday 4 May 2020

Kuliah Psikologi, Belajar Apa?


Psikologi beberapa tahun terakhir menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati. Apakah Kamu salah satunya? Ada baiknya sebelum lebih jauh melangkah, Kamu pertimbangkan dan rencanakan dengan cermat ya!

Psikologi sebagai Ilmu Jiwa

Jika dilihat dari asal katanya, Psikologi berasal dari gabungan dua kata yaitu psyche (jiwa) dan logos (ilmu). Dari sanalah Psikologi secara sederhana bisa dimaknai sebagai ilmu yang mempelajari jiwa manusia.

Jiwa mencakup seluruh kapasitas mental yang kita miliki. Diyakini bahwa jiwa adalah penggerak atau pengendali tubuh dan perilaku kita. Oleh sebab itu dalam perkembangannya Psikologi juga bisa didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari proses mental dan perilaku manusia.

Proses mental manusia adalah segala yang kita pikirkan dan rasakan, yang pengendalinya adalah organ tubuh bernama otak. Kita mampu berpikir serta merasa senang, sedih, marah dan sebagainya karena ada mekanisme otak.

Oleh karena itu jika Kamu kuliah Psikologi, jangan heran kalau nanti Kamu juga diajak mempelajari bagian otak dan bagaimana otak bekerja, menyerap informasi sampai menghasilkan perilaku. Sedangkan perilaku manusia adalah segala yang bisa kita amati atau observasi dengan mata. 

Bagaimana kita berpikir dan merasa tidak bisa kita lihat dengan mata, tetapi output atau hasil pikiran dan perasaan itu bisa kita lihat dengan jelas dalam perilaku manusia.

Oleh sebab itu dengan Psikologi Kamu akan diajak untuk mengenali perilaku seperti apa yang menunjukkan atau menjadi bukti dari adanya pemikiran atau perasaan tertentu. Misalnya saat seseorang gelisah, kita bisa melihat perilakunya untuk mengenali perasaan gelisahnya saat itu.
Orang yang gelisah mungkin akan menunjukkan perilaku seperti: berjalan mondar-mandir tanpa alasan yang jelas, merobek-robek tisu sambil melamun, berkeringat padahal ruangan tidak panas, berulang kali ke toilet, menggerak-gerakkan kaki, menggigit kuku dan sebagainya.

Sampai di sini apakah Kamu sudah bisa membayangkan? Saat kuliah Psikologi Kamu akan diajak untuk menyelami sebab-sebab di balik perilaku manusia. Perilaku yang dimaksud mencakup perilaku yang umum kita temui sehari-hari hingga perilaku abnormal.

Dalam psikologi perilaku adalah petunjuk atas pikiran dan perasaan manusia. Pikiran dan perasaan manusia mempengaruhi perilaku kita. Maka Psikologi juga akan mengajakmu menyelami alam pikir dan emosi manusia.

Pemahaman yang utuh tentang semua itu kemudian digunakan sebagai landasan untuk mengintervensi/mempengaruhi manusia dalam berbagai konteks untuk mencapai tujuan tertentu.
Contohnya di dunia industri, konsep/teori dan berbagai hasil penelitian dalam Psikologi bisa dijadikan landasan untuk mengelola Sumber Daya Manusia/Karyawan agar mereka bisa bekerja dengan optimal dan perusahaan bisa mencapai target-targetnya.

Psikologi dalam konteks industri salah satunya bisa memberi masukan tentang bagaimana menyeleksi karyawan. Psikologi bisa memberi wawasan tentang orang seperti apa yang cocok dengan kebutuhan perusahaan dan cara seperti apa yang bisa digunakan untuk memahami potensi para calon karyawan.

Manfaat Kuliah Psikologi

Ada banyak manfaat yang bisa Kamu dapat di jurusan ini. Dua diantaranya adalah:

1. Memahami diri sendiri.

Belasan bahkan puluhan tahun manusia hidup, tak menjadi jaminan seseorang mampu mengenali apalagi memahami siapa dirinya. Apakah kuliah jurusan Psikologi sudah pasti membuat kita paham siapa kita?

Belum tentu. Semuanya tergantung bagaimana kita melaksanakan proses perkuliahan. Jika mau bersungguh-sungguh dan berpikir reflektif, mencoba memahami materi secara mendalam, memaknai apa yang kita pelajari dan menghubungkan tiap konsep dengan diri sendiri, niscaya kita akan bisa memetik manfaat ini.

2. Memahami orang lain dan meningkatkan kepekaan.

Idealnya belajar Psikologi akan membuat kita lebih mudah menangkap sinyal perilaku orang lain. Kita juga seharusnya mampu menguraikan sebab mengapa seseorang menunjukkan perilaku tertentu dalam situasi tertentu.

Contohnya saat sedang kehilangan umumnya manusia akan melamun, tidak semangat, menarik diri dari pergaulan, menangis dan sebagainya. Orang itu merasakan kesedihan yang mendalam dan perlu diberi waktu untuk menerima emosinya serta perlu didukung untuk bangkit.

Dengan pemahaman seperti itu kita bisa tahu apa yang tepat dan apa yang tidak tepat untuk dilakukan. Nah, pemahaman yang didapat dari Psikologi jika digunakan dengan baik bisa memudahkan kita memahami orang lain kemudian lebih bijak mengambil sikap.

Jurusan Psikologi termasuk IPA atau IPS?

Psikologi kebanyakan dikelompokkan dalam rumpun ilmu sosial humaniora (IPS). Akan tetapi ada juga universitas yang memasukkan program studi Psikologi dalam kelompok ilmu sains (IPA).

Psikologi boleh dikatakan memang menjejakkan kakinya di dua area. Saat kuliah Psikologi beberapa mata kuliah yang dipelajari memang termasuk ilmu sosial, misalnya mata kuliah kognisi sosial dan interaksi sosial. Akan tetapi saat kuliah Psikologi Kamu juga akan berjumpa dengan mata kuliah biopsikologi yang mempelajari hubungan antara biologi dan psikologi.

Psikologi melalui beberapa mata kuliahnya akan memandumu memahami hubungan manusia dengan manusia lainnya (sosial) tetapi dalam beberpa mata kuliah juga akan mengajakmu memahami manusia sebagai makhluk hidup yang keadaan dirinya juga dipengaruhi oleh kondisi otak, sistem saraf dan sebagainya (sains/alam).

Manusia memang perlu dipahami secara utuh. Ada faktor biologis dan ada faktor lingkungan yang mempengaruhi pemikiran, perasaan dan perilaku kita.

Apa yang Akan Dipelajari di Jurusan Psikologi?

Berikut adalah beberapa mata kuliah yang dahulu (2014-2018) saya pelajari selama kuliah di jurusan Psikologi. Jika Kamu ingin tahu lebih lengkap semua mata kuliah yang akan didapat oleh Mahasiswa S1 Psikologi klik di sini.

1. Sejarah dan Aliran Psikologi
2. Antropologi
3. Sosiologi
4. Perilaku Individu dan Proses Mental
5. Biopsikologi Perilaku
6. Kognisi Sosial
7. Interaksi Sosial
8. Pengaruh Sosial dan Dinamika Kelompok
9. Psikologi Belajar
10. Psikologi Kepribadian
11. Teori-teori Psikologi Perkembangan
12. Keterampilan Komunikasi
13. Perkembangan Manusia, Pendidikan dan Keluarga
14.Perilaku Sehat
15. Kesehatan Mental
16. Dasar-dasar Asesmen Psikologis
17. Dasar-dasar Intervensi Psikologis
18. Psikologi Pendidikan
19. Psikologi Industri dan Organisasi
20. Psikopatologi

Itu dia gambaran tentang kuliah di jurusan Psikologi. Bagaimana? Apakah Kamu semakin tertarik memilih jurusan ini?

0 comments:

Post a Comment